Koperasi Jasa Keuangan Syariah

Koperasi Jasa Keuangan Syariah Shakira Artha Mulia adalah lembaga jasa keuangan syariah yang berada dipurwakarta yang sudah terdaftar di KEMENKOP RI dan diawasi oleh DSN MUI. Kep MENKOP UKM: No.007350/BH/M.KUKM.2/II/2018Klik Informasi Terkini

Informasi KJKS Shakira Artha Mulia

Tantangan Koperasi Di Era Revolusi Industri 4.0

Di Indonesia koperasi menjadi salah satu pendongrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Menurut Wikipedia, Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh serta setara dengan badan usaha lainnya melalui regulasi yang kondusif, perkuat SDM dan kelembagaan, pembiayaan, pemasaran dan kemajuan teknologi.

Hingga kini pemerintah terus melakukan reformasi total koperasi. Data Menkop, Reformasi Total Koperasi berhasil meningkatkan kontribusi PDB Koperasi terhadap PDB Nasional dari 1,71 persen pada 2014 meningkat tajam menjadi 4,48 persen pada 2017. Hampir lima persen. Peningkatan kontribusi PDB Koperasi tersebut telah memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta pemerataan pembangunan perekonomian nasional.

Di era ini tantangan nyata koperasi adalah persaingan dengan fintech. Maraknya fintech memberikan pinjaman uang secara online dengan realisasi cepat dan mudah mejadi tantangan serius terhadap koperasi. Jika Koperasi masih menerapkan konsep tradisional maka sudah dipastikan akan tergilas oleh fintech.

Sebenarnya ada kelebihan koperasi dibandingkan dengan fintech yaitu sisa hasil usaha (SHU). SHU diperoleh dari laba hasil usaha koperasi seperti keuntungan dari pembiaayan dan penjualan produk. Karena koperasi itu badan usaha milik bersama maka koperasi punya ikatan dengan anggotanya. Inilah kelebihan koperasi dimana tiap tahun anggotanya bisa berharap mendapatkan SHU, jika hal ini dimaksimalkan ditambah dengan memberikan layanan berbasis digital maka koperasi dapat bersaing dengan fintech. [bem]
Bagikan Ke:

Alamat kami

Info Terkini

KJKS Shakira Artha Mulia : Menkop Integrasikan Omnibus Law Dengan Koperasi dan UKM Terkait Penciptaan Lapangan Kerja

Instagram

View this post on Instagram

Kembali pagi

A post shared by Shakira Artha Mulia (@kjksshakira) on