Koperasi Jasa Keuangan Syariah

Koperasi Jasa Keuangan Syariah Shakira Artha Mulia adalah lembaga jasa keuangan syariah yang berada dipurwakarta yang sudah terdaftar di KEMENKOP RI dan diawasi oleh DSN MUI. Kep MENKOP UKM: No.007350/BH/M.KUKM.2/II/2018Klik Informasi Terkini

Informasi KJKS Shakira Artha Mulia

Investasi Saham Syariah

Investasi Saham Syariah



Investasi di saham Syariah itu halal dan sesuai Syariah sebagaimana ditegaskan fatwa Dewan Syariah Nasional MUI dan Standar Syariah Internasional AAOIFI. Sederhanannya, investasi di saham Syariah itu layaknya investasi langsung di sector rill. Maka memastikan saham sebagai modal transaksi bagi hasil dalam bisnis yang halal adalah cara menjelaskan parameter kesesuaiannya dengan Syariah.

Pertama, Transaksi yang disepakati antara pemilik saham dengan perusahaan adalah transaksi bagi hasil (syirkah), dan berlaku ketentuan syirkah diantaranya sesuai dengan hadis Rasullah SAW, “manfaat (didapatkan oleh seseorang) disebabkan ia menanggung resiko” (HR. Tirmidzi). Standar Syariah Internasional AAOIFI menyimpulkan juga bahwa saham itu modal dari akad Syariah (bagi hasil). Oleh karena itu, mengikuti ketentuan akad syirkah. (Standar AAOIFI tentang al ashum wa as sanadat). Selanjutnya, saham syariah boleh diperjual belikan di pasar sekunder jika telah menjadi barang atau barang yang dominan, sebagai indikator bahwa saham tersebut telah diputar menjadi usaha bisnis dan memiliki underlying assetSebaliknya, jika masih berbentuk uang, maka jual beli saham merujuk pada kaidah yang berlaku dalam transaksi jual beli mata uang (sharf).

Kedua, saham tersebut menjadi modal investasi karena saham adalah bukti penyertaan modal dan investor kepada Perusahaan. Sebagaimana pengertian saham syariah, yaitu bukti kepemilikan atas suatu perusahaan yang jenis usaha, produk dan akadnya sesuai syariah dan tidak termasuk saham yang memiliki hak-hak istimewa, sebagaimana dijelaskan dengan Fatwa DSN MUI no.40/DSN-MUI/X/2002 tentang Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan  Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal.

Hal yang sama ditegaskan oleh regulasi, bahwa “saham tidak bertentangan dengan Prinsip Syariah, karena saham merupakan surat berharga bukti penyertaan modal dari Investor kepada Perusahaan, yang kemudian Investor akan mendapatkan bagi hasil berupa Dividen. Konsep penyertaan modal dengan hak bagi hasil usaha ini merupakan konsep yang tidak bertentangan dengan Prinsip Syariah atau kegiatan Musyarakah/Syirkah”.

Ketiga, bisnis/usaha yang halal. Setiap saham Syariah adalah penyertaan modal di usaha yang halal dan sesuai syariah karena seluruh saham yang diperjualbelikan sudah melalui seleksi Otoritas Jasa Keuangan (pasar modal Syariah). Otoritas OJK secara periodik menerbitkan DES dua kali dalam setahun (akhir Mei dan akhir November). Daftar Efek Syariah (DES) adalah kumpulan efek yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal, yang ditetapkan oleh OJK atau Pihak Penerbit DES.

Suatu saham dapat dikategorikan sebegai efek Syariah, karena dua hal:

1  1. Saham diterbitkan oleh perusahaan mendeklarasikan sebagai perusahaan Syariah (sebagaimana Anggaran dasarnya). Atau Perusahaan yang memenuhi kriteria syariah sehingga sahamnya dapat ditetapkan sebagai efek Syariah oleh OJK/Pihak Penerbit DES.

2  2. Business screening, yaitu tidak melakukan kegiatan usaha yang tidak halal seperti perjudian dan sejenisnya, perdagangan yang dilarang, jasa keuangan ribawi, jual beli risiko yang mengandung unsur ketidakpastian (gharar) dan atau judi (maisir), produksi atau distribusi barang haram, merusak moral dan mudharat, transaksi suap.

Financial screening, yaitu total uang berbasis bunga dibanding total aset tidak lebih dari 45%. Pendapatan non halal dibanding total pendapatan tidak lebih dari 10% Saham Syariah. Aspek maqashid syariah, investasi di saham syariah itu salah satu cara mudah berinvestasi sesuai syariah yang sesuai dengan salah satu target (maqashid syariah) penyediaan kebutuhan finansial (hifdzul Mal min janib al wujud / istitsmar).
Bagikan Ke:

Alamat kami

Info Terkini

Mudahkan Anggota. Ini Inovasi Dari KJKS Shakira Artha Mulia

Instagram

View this post on Instagram

Kembali pagi

A post shared by Shakira Artha Mulia (@kjksshakira) on