Koperasi Jasa Keuangan Syariah

Koperasi Jasa Keuangan Syariah Shakira Artha Mulia adalah lembaga jasa keuangan syariah yang berada dipurwakarta yang sudah terdaftar di KEMENKOP RI dan diawasi oleh DSN MUI. Kep MENKOP UKM: No.007350/BH/M.KUKM.2/II/2018Klik Informasi Terkini

Informasi KJKS Shakira Artha Mulia

Hukum Jual Beli Emas Tidak Tunai



Dari Ubadah Bin Ash-Shamit, Rasulullah SAW bersabda, "(Jual Beli) emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, syair dengan syair, kurma dengan kurma, dan garam dengan garam (dengan syarat harus) sama dan sejenis serta secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai." (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu Majah)

Dari Umar Bin Khatthab. Rasulullah SAW bersabda,"(Jual Beli) emas dengan perak adalah riba kecuali kecuali (dilakukan) secara tunai." (HR Muslim, Tirmidzi, Nasa'i, Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Kedua hadits diatas menjelaskan bahwa, transaksi emas dengan emas wajib dilakukan secara  tunai.

Mazhab Malikiyah dan Mazhab Syafi'iyah mengatakan bahwa illat emas dan perak yang ada dalam hadits Ubadah Bin Shamit tersebut adalah mata uang (ru'us lil atsman).

Kemudian bagaimana hukumnya membeli emas secara tidak tunai?

Transaksi yang terjadi dalam skema jual beli emas secara tidak tunai, merupakan transaksi antara uang dan barang, bukan uang dengan uang, maka tidak disyaratkan tunai. dan sebaliknya, jual beli emas tidak tunai itu diperbolehkan. Pendapat ini merujuk dari kedua hadits diatas dan pendapat kedua Mazhab, yaitu Mazhab Malikiyah dan Syafi'iyah. Karena emas pada jaman Rasulullah digunakan sebagai mata uang, tetapi dijaman ini, emas adalah termasuk barang yang diperjualbelikan. 

Kemudian, harga jual beli barang atau emas secara tidak tunai boleh lebih besar daripada harga tunai dengan besaran sesuai kesepakatan (ridha) dan harga pasar (ajrul mitsl). Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, "Dan kaum Muslimin terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram." (HR Tirmidzi). Dan kaidah, "Hal baik yang sudah dikenal secara kebiasaan diterima seperti halnya syarat"

Kesimpulan, bahwa praktik jual beli emas secara tidak tunai tidak termasuk riba jual beli (riba nasa') karena pertemuan (tukar menukar) antara uang dan barang.

Sumber: Buku Bedah Fikih Muamalah & Pengelolaan  Keuangan Syariah (DR. Oni Sahroni. MA)
Bagikan Ke:

Alamat kami

Info Terkini

Mudahkan Anggota. Ini Inovasi Dari KJKS Shakira Artha Mulia

Instagram

View this post on Instagram

Kembali pagi

A post shared by Shakira Artha Mulia (@kjksshakira) on